Kamis, 07 Agustus 2014

SEJARAH PERKEMBANGAN ILMU FILSAFAT

      


Kemajuan di bidang ilmu pengetahuan selama satu setengah abad terakhirini lebih banyak dari pada selama berabad-abad sebelumnya.


Diskursus perkembangan ilmu pengetahuan, sains dan teknologi yang semakin pesat dewasaini tidak bisa dilepaskan dari diskursus tentang akar sejarah perkembangannya yang sering dijumpai dalam filsafat ilmu sebagai metode filsafati dari tersebut.

Munculnya ilmuwan yang digolongkan sebagai filosof bukan saja karena mendasarkan filosofinya pada sejarah ilmu pengetahuan tetapi juga mereka meyakini adanya hubungan antara sejarah ilmu pengetahuan dengan filsafat.

Demikian halnya dengan Filsafat ilmu, sejarah tentang berbagai kemajuan perkembangannya sangat membantu kita untuk dapat lebih mengenal dan memahami Filsafat Ilmu itu sendiri sebab pengetahuan tentang sejarah perkembangan suatu aspek ilmu pengetahuan akan sangat membantu dalam memahami hal tersebut.

Filsafat Ilmu yang merupakan penyelidikan tentang ciri-ciri pengetahuanilmiah dan cara-cara memperolehnya telah berkembang seiring perkembangan berbagai bidang ilmu pengetahuan.

Kajian tentang sejarah perkembangan filsafat ilmu ini adalah penting,sebab diharapkan dapat mengarahkan kita dapat menerapkan penyelidikan kefilsafatan terhadap kegiatan ilmiah dan dapat mengarahkan metode-metode penyelidikan ilmiah kejuruan kepada penyelenggaraan kegiatan-kegiatan ilmiah.Makalah ini akan berusaha mendeskripsikan secara singkat sejarah perkembangan filsafat ilmu.

Akan tetapi, harus diingat bahwa uraian singkat tentang salah satuperiode sejarah harus melewati dan mengungkap banyak tokoh, peristiwa dan faktayang memungkinkan dapat mengerti periode tersebut.

2.Perkembangan Filsafat Ilmu
Filsafat ilmu sebagai bagian integral dari filsafat secara keseluruhan perkembangannya tidak bisa dilepaskan dari sejarah perkembangan filsafat itusendiri secara keseluruhan. Menurut Lincoln Cuba, sebagai yang dikutip oleh AliAbdul Azim, bahwa kita mengenal tiga babakan perkembangan paradigma dalam filsafat ilmu di Barat yaitu era prapositivisme, era positivisme dan era pasca modernisme. Era prapositivisme adalah era paling panjang dalam sejarah filsafat ilmu yang mencapai rentang waktu lebih dari dua ribu tahun.

 Dalam uraian ini, penulis cenderung mengklasifikasi perkembangan filsafat ilmu berdasarkan ciri khas yang mewarnai pada tiap fase perkembangan. Dari sejarah panjang filsafat, khususnya filsafat ilmu, penulis membagi tahapan perkembangannya ke dalam empat fase sebagai berikut:

1.Filsafat Ilmu zaman kuno, yang dimulai sejak munculnya filsafat sampai dengan munculnya Renaisance
2.Filsafat Ilmu sejak munculnya Rennaisance sampai memasuki era positivism
3.Filsafat Ilmu zaman Modern, sejak era Positivisme sampai akhir abad kesembilan belas
4.Filsafat Ilmu era kontemporer yang merupakan perkembangan mutakhir Filsafat Ilmu sejak awal abad kedua puluh sampai sekarang.
Perkembangan Filsafat ilmu pada keempat fase tersebut akan penulis uraikan dengan mengedepankan aspek-aspek yang mewarnai perkembangan filsafatilmu di masanya sekaligus yang menjadi babak baru dan ciri khas fase tersebutyang membedakannya dari fase-fase sebelum dan atau sesudahnya. Di samping itu penulis juga akan mengungkap tentang peran filosof muslim dalam perkembangan filsafat ilmu ini, walaupun bukan dalam suatu fase tersendiri.


3.Filsafat Ilmu Zaman Kuno
Filsafat yang dipandang sebagai induk ilmu pengetahuan telah dikenal manusia pada masa Yunani Kuno. Di Miletos suatu tempat perantauan Yunani yang menjadi tempat asal mula munculnya filsafat, ditandai dengan munculnya pemikir-pemikir (baca: filosof) besar seperti Thales, Anaximandros dan Anaximenes. Pemikiran filsafat yang memiliki ciri-ciri dan metode tersendiri ini berkembang terus pada masa selanjutnya.

Pada zaman Yunani Kuno filsafat dan ilmu merupakan suatu hal yang tidak terpisahkan. Keduanya termasuk dalam pengertian episteme yang sepadan dengankata philosophia Pemikiran tentang episteme ini oleh Aristoteles diartikan sebagaian organized body of rational konwledge with its proper object. Jadi filsafat dan ilmu tergolong sebagai pengetahuan yang rasional. Dalam pemikiran Aritoteles selanjutnya pengetahuan rasional itu dapat dibedakan menjadi tiga bagian yang disebutnya dengan praktike (pengetahuan praktis), poietike (pengetahuan produktif), dan theoretike (pengetahuan teoritis).
Pemikiran dan pandangan Aritoteles seperti tersebut di atas memberikan gambaran kepada kita bahwa nampaknya ilmu pengetahuan pada masa itu harus didasarkan pada pengertian dan akibatnya hanya dapat dilaksanakan bagi aspek-aspek realitas yang terjangkau pikiran.

Lalu masuk akal saja kalau orang berpendapat bahwa kegiatan ilmiah tidak lain daripada menyusun dan mengaitkan pengertian-pengertian itu secara logis, yang akhirnya menimbulkan kesana bahwasetiap ilmu pengetahuan mengikuti metode yang hampir sama yaitu mencari pengertian tentang prima principia, lalu mengadakan deduksi-deduksi logis.

Pemikirannya hal tersebut oleh generasi-generasi selanjutnya memandang bahwa Aristoteleslah sebagai peletak dasar filsafat ilmu.
Selama ribuan tahun sampai dengan akhir abad pertengahan filsafat logika Aristoteles diterima di Eropa sebagai otoritas yang besar. Para pemikir waktu itu mengaggap bahwa pemikiran deduktif (logika formal atau sillogistik) dan wahyu sebagai sumber pengetahuan.
Aristoteles adalah peletak dasar ‘doktrin sillogisme’ yang sangat berpengaruh terhadap perkembangan pemimiran di Eropa sampai denganmunculnya Era Renaisance. Sillogisme adalah argumentasi dan cara penalaran yangterdiri dari tiga buah pernya-taan, yaitu sebagai premis mayor, premis minor dankonklusi.
4. Filsafat Ilmu Era Renaisance
Memasuki masa Rennaisance, otoritas Aritoteles tersisihkan oleh metode dan pandangan baru terhadap alam yang biasa disebut Copernican Revolution yang dipelopori oleh sekelompok sanitis antara lain Copernicus (1473-1543), GalileoGalilei (1564-1542) dan Issac Newton (1642-1727) yang mengadakan pengamatan ilmiah serta metode-metode eksperimen atas dasar yang kukuh.

 Selanjutnya pada Abad XVII, pembicaraan tentang filsafat ilmu, yangditandi dengan munculnya Roger Bacon (1561-1626). Bacon lahir di ambang masuknya zaman modern yang ditandai dengan kemajuan ilmu pengetahuan.Bacon menanggapi Aristoteles bahwa ilmu sempurna tidak boleh mencari untung namun harus bersifat kontemplatif.

Menurutnya Ilmu harus mencari untungartinya dipakai untuk memperkuat kemampuan manusia di bumi, dan bahwa dalam rangka itulah ilmu-ilmu berkembang dan menjadi nyata dalam kehidupan manusia.Pengetahuan manusia hanya berarti jika nampak dalam kekuasaan manusia human knowledge adalah human power.
Perkembangan ilmu pengetahuan modern yang berdasar pada metode eksperimental dana matematis memasuki abad XVI mengakibatkan pandangan Aritotelian yang menguasai seluruh abad pertengahan akhirnya ditinggalkan secara defenitif.

Roger Bacon adalah peletak dasar filosofis untuk perkembangan ilmu pengetahuan. Bacon mengarang Novum Organon dengan maksud menggantikan teori Aristoteles tentang ilmu pengetahuan dengan teori baru. Karyanya tersebut sangat mempengaruhi filsafat di Inggris pada masa sesudahnya.

 Novum Organon atau New Instrumen berisi suatu pengukuihan penerimaan teori empiris tentang penyelidikan dan tidak perlu bertumpu sepenuhnya kepada logika deduktifnya Aritoteles sebab dia pandang absurd. Kehadiran Bacon memberi corak baru bagi perkembangan Filsafat Ilmu,khususnya tentang metode ilmiah. Hal ini sebagai yang dikemukakan oleh A. B.Shah dalam Scientific Method,bahwa: “Pengertian yang paling baik tentang metode ilmiah dapat dilukiskan yang paling baik menurut induksi Bacon”.

Hart mengaggap Bacon sebagai filosof pertama yang bahwa ilmu pengetahuan dan filsafat dapat mengubah dunia dan dengan sangat efektif menganjurkan penyelidikan ilmiah.

Beliaulah peletak dasar-dasar metode induksimodern dan menjadi pelopor usaha untuk mensistimatisir secara logis prosedur ilmiah. Seluruh asas filsafatnya bersifat praktis yaitu menjadikan untuk manusia menguasai kekuasaan alam melalui penemauan ilmiah Menurut Bacon, jiwamanusia yang berakal mempunyai kemamapuan triganda, yaitu ingatan (memoria),daya khayal (imaginatio) dan akal (ratio).

Ketiga aspek tersebut merupakan dasarsegala pengetahuan. Ingatan menyangkut apa yang sudah diperiksa dan diselidiki (historia), daya khayal menyangkut keindahan dan akal menyangkut filsafat( philosophia) sebagai hasil kerja akal.

Sebagai pelopor perkembangan filsafat ilmu pengetahuan, Roger Bacon juga menguraikan tentang logika. Bacon menyusun logika meliputi empat macam keterampilan (ars) yaitu bidang penemuan (ars inveniendi ), bidang perumusan kesimpulan secara tepat (ars iudicandi ), bidang mempertahankan apa yang sudah dimengerti (ars retinendi ), dan bidang pengajaran (ars tradendi ).

Di sini nampak bahwa di tengah kancah perkembangan ilmu yang larut dengan pengaruh Aritoteles kehadiran Bacon berusaha untuk mengubah opiniumum tentang sillogisme yang telah ditawarkan Aristoteles sebelumnya.Bacon mengatakan bahwa logika yang digunakan sejak zaman Aristoteles hingga sekarang (zamannya, pen.) lebih merugikan dari pada menguntungkan.

Sillogisme terdiri atas proposisi-proposisi. Proposisi terdiri atas kata-kata dana kata-kata adalah simbol pengertian. Sebab itu apabila pengertian itu sendiri Yang merupakan persoalannya kacau balau dan secara tergesa-gesa di abstraksikan daripada faktanya, maka tidak mungkin diperoleh .. atas yang kokoh.atu-satunya harapan terletak pada induksi modern.
Dalam perkembangan selanjutnya muncul John Locke (1632-1714) DavidHume (1711-1776) dan Immanuel Kant (1724-1804). Ketiga filosof ini memberi pengaruh cukup besar terhadap perkembangan filsafat ilmu selanjutnya.Locke berpendapat bahwa ketika seorang bayi lahir akalnya seperti papantulis yang kosong atau kamera yang merekam kesan-kesan dari luar.

Pengetahuan hanya berasal dari indra yang dibantu oleh pemikiran, ingatan, perasaan indra diatur menjadi bermacam-macam pengetahuan. Locke mengakui adanya idebawaan (innate ideas).Dalam perkembangan pengetahuan teori Locke dikenal dengan istilah teori tabula rasa.

Berdasar pada empirisme radikal yang dianutnya Hume yakin bahwa carakerja logis induksi yang diperkenalkan oleh Bacon tidak mempunyai dasar teoritis sama sekali. Logika induktif ialah kontradiksi: dua kata yang bertentangan satusama lain sebab induksi melanggar salah satu hukum logika yaitu bahwa kesimpulan tidak boleh leboh luas dari pada premis. Sanggahan Hume ini secara konsekwen sesuai dengan anggapan dasarnya bahwa hanya ada dua cara pengetahuan, yaitu pengetahuan empiris dan abstract reasoning concerning quantoty or number,yang keduanya deduktif.

Kant dalam hal ini memperkenalkan cara pengenalan dan mengambil kesimpulan secara sintetis yang di peroleh secara posteriori dan putusan analitis dan diperoleh secara a priori, di samping itu juga kesimpulan yang bersifat sintetis yang juga diperoleh secara a priori.Ilmu pasti disusun atas putusan yang a priori  yang bersifat sintetis.

Ilmu pengetahuan mengandaikan adanya putusan - putusanyang memberikan pengertian baru (sintetis) dan yang pasti mutlak serta bersifatumum (a priori ). Maka ilmu pengetahuan menuntut adanya putusan-putusan yang bersifat a priori yang bersifat sintesis.
Ketiga teorinya ini dikenal dengan nama Kritik Rasio Murni yang dikemukakan dalam Kritik der Reinen Vernunft.
Memasuki abad XIX muncul Johann Gottlieb Fichte (1762-1814) memperkenalkan filsafat Wissenchaftslehre atau Ajaran Ilmu Pengetahuan (Epistimologi), yang bukan-nya suatu pemikiran teoritis tentang struktur dan hubungan ilmu pengetahuan melainkan suatu penyadaran tentang pengenalan diri sendiri yaitu penyadaran metodis di bidang pengetahuan itu sendiri.

Fichte menentang Kant yang mengatakan bahwa berfikir secara ilmu-pasti alamlah yang akan memberikan kepastian di bidang pengenalan. Fichte tidak memisahkan antara rasio teoritis dan rasio praktis.Selanjutnya muncul John Stuart Mill (1806-1873).
 
Dalam A system of Logic Mill menyelidiki dasar-dasar teoritis falsafi proseskerja induksi. Mill melihat bahwa tugas utama logika dalam bidang mengatur carakerja induktif lebih dari sekedar menentukan patokan deduksi logistis yang takpernah menyampaikan pengetahuan baru kepada kita.

 Dalam menguraikan logika induktif Mill mau menghindari daya eksterm yaitu generalisasi empiris dan mencari dukungan dalam salah satu teori mengenai induksi atau pengertian apriori.Mill berpendapat bahwa induksi sangat penting, karena jalan pikirannya dari yang diketahui menuju (proceds) ke yang tidak diketahui.

Menurut Mill, Pengetahuan yang paling umum dan lama kelamaan muncul untuk diperiksan ialah
The Course of Nature in Uniform yang merupakan asas dasar atau aksioma umum induksi. Asas utama itu itu paling menjadi paling tampak dalam hukum alam dasarriah yang disebutnya Law of Causality,artinya setiap gejala alam yang kita amati mempunyai suatu cause yang dicari dalam ilmu pengetahuan.Sebab itu adalah keseluruhan syarat-syarat yang perlu (necessary) dan memadai (suffient ) agar gejala terjadi.

Di abad ini muncul sejumlah tokoh yang pemikirannya erat kaitannya dengan perkembangan filsafat ilmu, antara lain William Whewel (17954-1866) yang mendukung adanya intuisi, pertama-tama dalam ilmu pasti mengenai aksioma-aksioma paling dasar dan menurut contoh ilmu pasti itu titik pangkal unduksi dalam ilmu-ilmu alam juga bersifat intuitif. Hanya saja arti dan kedudukan intuitif pada diri manusia tidak diterangkan.Auguste Comte (1798-1857).

Menurutnya sejak jaman teologis dan metafisis sudah tiba jaman ilmu positif (empiris) yang defenitif. Dalam hal ilmupositif Comte membedakan pengetahuan menjadi enam macam ilmu, dari yang paling abstrak: matematika, ilmu falak, fisika, kimia, ilmu hayat dan sosiologi.Matematika dipandang sebagai ilmu deduktif, sedangkan lima lainnya dalam keadaan ingin mendekati deduktif itu. Dalam hal ini Comte berusaha mengadakan kesatuan antara ilmu pasti dan ilmu empiris.

5. Filsafat Ilmu Era Positivisme
Memasuki abad XIX perkembangan Filsafat Ilmu memasuki Era Positivisme.Positivisme adalah aliran filsafat yang ditandai dengan evaluasi yang sangat terhadap ilmu dan metode ilmiah. Aliran filsafat ini berawal pada abad XIX. Padaabad XX tokoh-tokoh positivisme membentuk kelompok yang terkenal dengan Lingkaran Wina, di antaranya Gustav Bergman, Rudolf Carnap, Philip Frank HansHahn, Otto Neurath dan Moritz Schlick.

Pada penghujung abad XIX (sejak tahun 1895), pada Universitas WinaAustria telah diajarkan mata kuliah Filsafat Ilmu Pengetahuan Induktif.Hal ini memberikan indikasi bahwa perkembangan filsafat ilmu telah memasuki babakyang cukup menentukan dan sangat berpengaruh terhadap perkembangan dalam abad selanjutnya.

Memasuki abad XX perkembangan filsafat ilmu memasuki era baru. Sejaktahun 1920 panggung filsafat ilmu pengetahuan didominasi oleh aliran positivisme Logis atau yang disebut Neopositivisme dan Empirisme Logis.
Aliran ini muncul dan di kembangkan oleh Lingkaran Wina (Winna Circle,Inggris,Wiener Kreis,Jerman ).

Aliran ini merupakan bentuk ekstrim dari Empirisme. Aliran ini dalam sejarah pemikiran dikenal denganPositivisme Logis yang memiliki pengaruh mendasar bagi perkem-bangan ilmu. Munculnya aliran ini akibat pengaruh dari tiga arah.
Pertama,
-Emperisme dan Positivisme
Kedua,
-metodologi ilmu empiris yang di kembangkan oleh ilmuwan sejak abad XIX, dan
Ketiga,
-perkembangan logikasimbolik dan analisa logis.

Secara umum aliran ini berpendapat bahwa hanya ada satu sumber pengetahuan yaitu pengalaman indrawi. Selain itu mereka juga mengakui adanya dalil-dalil logika dan matematika yang dihasilkan lewat pengalaman yang memuat serentetan tutologi -subjek dan predikat yang berguna untuk mengolah data pengalaman indrawi menjadi keseluruhan yang meliputi segala data itu.

Lingkaran Wina sangat memperhatikan dua masalah, yaitu analisa pengetahuan dan pendasaran teoritis matematika, ilmu pengetahuan alam,sosiologi dan psikologi. Menurut mereka wilayah filsafat sama dengan wilayah ilmu pengetahuan lainnya. Tugas filsafat ialah menjalankan analisa logis terhadap pengetahuan ilmiah. Filsafat tidak diharapkan untuk memecahkan masalah, tetapiuntuk menganalisa masalah dan menjelaskannya.

Jadi mereka menekankan analisa logis terhadap bahasa. Trend analisa terhadap bahasa oleh Harry Hamersma dianggap mewarnai perkembangan filsafat pada abad XX, di mana filsafat cenderung bersifat Logosentrisme.

. Filsafat Ilmu Kontemporer
Perkembangan Filsafat Ilmu di zaman ditandai dengan munculnya filosof-filosof yang memberikan warna baru terhadap perkembangan Filsafat Ilmu sampai sekarang.

Muncul Karl Raymund Popper (1902-1959) yang kehadirannya menadai babak baru sekaligus merupakan masa transisi menuju suatu zaman yang kemudian 
 di sebut zaman Filsafat Ilmu Pengetahuan Baru. Hal ini disebabkan Pertama, melaluiteori falsifikasi-nya, Popper menjadi orang pertama yang mendobrak dan meruntuhkan dominasi aliran positivisme logis dari Lingkaran Wina.
Kedua,melalui pendapatnya tentang berguru pada sejarah ilmu-ilmu, Popper mengintroduksikan suatu zaman filsafat ilmu yang baru yang dirintis oleh Thomas Samuel Kuhn.

Para tokoh filsafat ilmu baru, antara lain Thomas S. Kuhn, Paul Feyerabend,N.R. Hanson, Robert Palter dan Stephen Toulmin dan Imre Lakatos memiliki perhatian yang sama untuk mendobrak perhatian besar terhadap sejarah ilmu serta peranan sejarah ilmu dalam upaya mendapatkan serta mengkonstruksikan wajahilmu pengetahuan dan kegiatan ilmiah yang sesungguhnya terjadi. Gejala ini disebut juga sebagai pemberontakan terhadap Positivisme.

Thomas S. Kuhn populer dengan relatifisme-nya yang nampak darigagasan-gagasannya yang banyak direkam dalam paradigma filsafatnya yang terkenal denganThe Structure of Scientific Revolutions (Struktur Revolusi IlmuPengetahuan).Kuhn melihat bahwa relativitas tidak hanya terjadi pada Benda yang benda seperti yang ditemukan Einstein, tetapi juga terhadap historitas filsafat Ilmu sehingga ia sampai pada suatu kesimpulan bahwa teori ilmu pengetahuan itu terussecara tak terhingga mengalami revolusi. Ilmu tidak berkembang secara komulatif dan evolusioner melainkan secara revolusioner.

Salah seorang pendukung aliran filsafat ilmu Baru ialah  (Lahir di Wina, Austria, 1924) sering dinilai sebagai filosof yang paling kontroversial,paling berani dan paling ekstrim. Penilaian ini didasarkan pada pemikiran keilmuannya yang sangat menantang dan provokatif. Berbagai kritik dilontarkan kepadanya yang mengundang banyak diskusi dan perdebatan pada era 1970-an.

Pemikirannya tentang Anarkisme sebagai kritik terhadap ilmu pengetahuan seperti menemukan padanannya dengan semangat pemikiran Postmodernisme yang mengumandangkan semangat dekonstruksionalisme.Dalam konteks ini apayang dimaksud Anarkisme oleh Feyerabend adalah suatu orientasi pemikiran filsafatyang senantiasa menggugat kemapanan suatu teori ilmiah.

Dalam Against method,ia menyatakan bahwa pada dasarnya ilmu pengetahuan dan perkembangannya tidak bisa diterangkan ataupun diatur segala macam aturan dan sistim maupun hukum. Perkembangan ilmu terjadi karena kreatifitas individual, maka satu-satunya prinsip yang tidak menghambat kemajuan ilmu pengetahuan ialah anything goes (apa saja boleh).

Menurut Feyerabend, dewasa ini ilmu pengetahuan menduduki posisi yangsama dengan posisi pada abad pertengahan. Ilmu pengetahuan tidak lagi berfungsi membebaskan manusia, namun justru menguasai dan memperbudak manusia.Oleh karenanya Feyerabend menekankan kebebasan individu.
Dalam tahap perkembangan selanjutnya muncul Institut Penyelidikan Sosial di Frankfurt, Jerman, yang dipelopori oleh Max Horkheimer (1895-1973),Theodor Wiesengrund Adorno (1903-1969), Erich Fromm (1900-1980) dan HerbertMarcuse (1898-1979). Mereka memperbaharui dan memperdalam masalah teoritisdan falsafi mengenai cara kerja dan kedudukan ilmu-ilmu sosial.

lanjutkan membaca di : http://www.academia.edu/2412563/Filsafat_Ilmu_dan_Logika


4 komentar: