Senin, 11 Agustus 2014

PEMBAHASAN AGAMA DAN MANUSIA



1. Pentingnya Agama Bagi Manusia Agama menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah sistem atau prinsip kepercayaan kepada Tuhan, atau juga disebut dengan nama Dewa atau nama lainnya dengan ajaran kebhaktian dan kewajiban-kewajiban yang bertalian dengan kepercayaan tersebut.Setiap agama dan kepercayaan mempunyai pengertiannya masing-masing. Agamadapat dilihat sebagai kepercayaan dan pola perilaku yang dimiliki oleh manusia untuk menangani masalah-masalah penting dan aspek-aspek alam semesta yang tidak dapat dikendalikannya dengan teknologi maupun sistem organisasi sosial yang dikenalnya.

 Pengertian agama yang lain yaitu agama sebagai seperangkat upacara yang diberi rasionalisasi melalui mitos dan menggerakkan kekuatan-kekuatansupranatural dengan tujuan untuk mencapai atau menghindari terjadinya perubahan keadaan pada manusia atau alam semesta Agama memiliki dua fungsi sekaligus, yaitu fungsi sosial dan fungsi psikologis.

Secara psikologis, agama dapat mengurangi kegelisahan manusia dengan memberikan penerangan tentang hal-hal yang tidak diketahui dan tidak dimengertiolehnya di dalam kehidupan sehari-hari. Ditinjau secara sosial, agama mempunyai sanksi bagi seluruh perilaku manusia yang beraneka ragam.2. Pentingnya peran manusia terhadap agamaBagi kebanyakan manusia, kerohanian dan agama memainkan peran utama dalam kehidupan mereka.Menurut Feuerbach, yang disebut Allah adalah kesadaran manusia itu sendiri.

Menurut pemikiran itu maka Feuerbach menyimpulkan bahwa agama adalah kesadaran Nan tak terbatas. Dengan demikian, manusia menciptakan Allahmenurut citranya sendiri, sehingga dapat dikatakan bahwa manusia jugalah yang menciptakan agama. Manusia adalah awal, pusat, dan akhir agama. Menurut Feuerbach, ini bukanlah ateisme, melainkan humanisme.

Ilmu Pengetahuan dan Teknologi
1. Definisi dan Batasan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Ilmu (science) termasuk pengetahuan (knowledge). Yang dimaksud dengan ilmu ialah pengetahuan yang diperoleh dengan cara tertentu yang dinamakan metode ilmiah.Pengertian pengetahuan lebih luas daripada ilmu. Pengetahuan adalah produkpemikiran. Berpikir merupakan suatu proses yang mengikuti jalan tertentu danakhirnya menuju kepada suatu kesimpulan dan membuahkan suatu pendapat ataupengetahuan. Menurut Leonard Nash (dalam The Nature of Natural Sciences, 1963cit. Soemitro, 1990), ilmu pengetahuan adalah suatu institusi sosial (socialinstitution) dan juga merupakan prestasi perseorangan (individual achievement).

Istilah teknologi berasal dari perkataan Yunani technologia yang artinya pembahasan sistematik tentang seluruh seni dan kerajinan. Teknologi yaitu usaha manusia dalam mempergunakan segala bantuan fisik atau jasa-jasa yang dapat memperbesar produktivitas manusia melalui pemahaman yang lebih baik, adaptasi dan kontrol, terhadap lingkungannya. Teknologi merupakan penerapan. Olehkarena itu, teknologi berbeda dalam dimensi ruang dan waktu (Soemitro, 1990).



2. Peran Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Bagi Kehidupan ManusiaTeknologi adalah sarana yang digunakan manusia untuk memenuhi kebutuhannya.

Seiring dengan perkembangan di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi,pemanfaatan ilmu pengetahuan dan turunannya yang berbentuk teknologi ini,meluas bukan hanya untuk memenuhi kebutuhan manusia secara sempit.Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dapat mendorong manusia mendaya gunakan sumber daya alam lebih efektif dan efisien, perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi bukan saja membantu manusia dalam memenuhi kebutuhan hidupnya sehari-hari.

 Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dapat menaikkan kualitas manusia dalam keterampilan dan kecerdasannya untuk meningkatkan kemakmuran serta inteligensi manusia.Lebih jauh, ilmu pengetahuandan teknologi berhasil mendatangkan kemudahan hidup bagi manusia.

3. Peran Manusia Terhadap Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi membantu manusia dalam memenuhi kebutuhan hidupnya sehari-hari. Lebih jauh, ilmu pengetahuan dan teknologi berhasil mendatangkan kemudahan hidup bagi manusia. Manfaat-manfaat inilah yang mula-mula menjadi tujuan manusia mengembangkan ilmu pengetahuan hingga menghasilkan teknologi.. Perkembangan ilmu pengetahuandan teknologi ini sanggup membawa berkah bagi umat manusia berupa kemudahan-kemudahan hidup, yang sebelumnya tidak pernah terpikirkan dalam benak manusia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar